Sejarah Desa

Sejarah Desa

Kyai Arya Damar dan Berdirinya Desa Damarjati

Arya Damar atau yang disebut dengan Kyai Arya Damar merupakan trah keturunan dari Raja Majapahit yang dalam Babad Ratu Tabanan disebutkan sebagai putra dari Sri Maharaja Brawijaya yang merupakan salah satu tokoh di era Perkembangan Islam Nusantara. Di Majapahit, sosok Arya Damar adalah seorang pangeran keturunan Raja. Jasanya sangat besar dalam memadamkan pemberontakan dan menjaga integritas wilayah kekausaan Majapahit.

Arya Damar Memang merupakan tokoh yang pada nantinya akan menjadi Adipati Palembang, namun sebelum Arya Damar menjajaki bumi Palembang tentu saja napak tilas di bumi jawa sangatlah besar pengaruhnya. Hal tersebut diperkuat dalam Tedhak Poespanegara, tokoh Arya Damar dianggap sebagai leluhur bupati-bupati di Jawa lewat keturunan putranya yang bernama Raden Kusen Adipati Terung dan dalam penamaan keturunannya diberi gelar “Kyai”.

Dalam Penyebaran Islam Nusantara Kyai Arya Damar juga termasuk tokoh penting, Beliau adalah sosok ayah dan sekaligus guru pertama Raden Patah, pendiri dan sekaligus raja pertama Kesultanan Demak. Pengaruh Islam di pesisir utara pulau jawa tentu saja tak lepas dari jasa Kyai Arya Damar, salah satunya adalah Desa Damarjati. Dari segi etimologi Damarjati yang berartikan “damar” dalam bahasa kamus bahasa jawa adalah pelita (benda : lampu penerangan, sifat : menerangi), “jati” dalam kamus bahasa jawa adalah sifat, karakter (benda : kayu jati, sifat : kuat). Namun dari segi etnosentrisme masyarakat kata “damar” berasal dari tokoh yang berpengaruh pada masa itu dimana hal ini terkait dengan sosok yang berperan dalam pendalaman Agama Islam pada masyarakat yang tidak lain adalah Kyai Arya Damar atau warga masyarakat menyebutnya dengan Kyai Damar Proyo. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan cagar budaya masyarakat setempat yang berada di salah satu dusun yaitu dusun Kalidamar berupa makam petilasan Kyai Arya Damar yang letaknya di tengah persawahan, yang menurut masyarakat setempat kawasan tersebut merupakan tempat seringnya Kyai Arya Damar sering melakukan aktifitas spiritualnya kepada Sang Pencipta ketika singgah di wilayah damarjati.

Dalam riwayat pemerintahan, Desa Damarjati pernah dipimpin oleh beberapa tokoh sebagai berikut:

  1. Suisman Kadari (1979-1987) jabatan Kepala Desa
  2. Sanusi (1989-2003)jabatan Kepala Desa
  3. Su’ud (2003-2008)jabatan Kepala Desa
  4. Sunari (2003-2008)jabatan Kepala Desa
  5. Setiyono (2008-2014)jabatan Kepala Desa
  6. Sri Wahyuni (2015-2016) jabatan PJ. Kepala Desa
  7. Sa’id (2016-2022) jabatan Kepala Desa

Dan Sebagai sekretaris desa nya sebagai berikut :

  1. Moeljono (1979-2003)
  2. Sri Wahyuni (2003-2018)
  3. Dian Ari Wibowo (2018-Sekarang)